-->

Obat Tradisional Mengobati Diare (Mencret Mencret) Pada Bayi

July 23, 2017
Balita menderita penyakit diare biasanya buang air besar lebih dari 3 kali bahkan lebih dalam sehari 24 jam, dan fesesnya berair biasa juga disebut mencret. Sebelum ana membawake Dokter karena kotoran fesesnya berair atau mencret, mungkin anda bisa lakukan pertolongan ini di rumah untuk mengatasi diare mencret mencret pada bayi tentunya dengan cara yang alami herbal dan tradisional :

Berikan Asupan Asi
Bila terjadi diare, tetap berikan ASI dan cairan agar si bayi tidak mengalami dehidrasi. Bila perlu, berikan oralit. Untuk sementara waktu, ganti makanannya dengan pisang, kentang, saus apel atau sereal beras (kombinasi lebih baik). Sang ibu bila menyusui sebaiknya juga menghentikan mengonsumsi makanan atau obat-obatan yang dicurigai menjadi penyebab diare si anak.

Oralit 
Bila bayi menderita diare, buatkan mereka campuran garam, gula dan air. Berikan larutan yang disebut oralit ini untuk bayi sehingga tubuh mereka dapat mengganti garam tubuh yang hilang ketika diare. 

Daun jambu biji
Mengatasi diare pada anak dengan menggunakan daun jambu biji, caranya : petih 5 lembar daun jambu biji dan satu buah jambu biji yang masih mentah atau masih kecil. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus, lalu peras kita-kira 1 sendok makan dan tambahkan dengan sedikit garam.

Buah sirsak
Buah sirsak berkhasiat untuk mengatasi diare pada anak. Caranya : siapkan buah sirsak yang telah matang, kemudian peras airnya dan berikan pada anak 2-3 sendok makan pada saat anak mengalami diare.

Berikan makanan yang mudah dicerna
Berikan makanan yang mudah dicerna seperti nasi lembut, pisang atau bubur. Jangan memberikan makanan yang terbuat dari sereal atau semacamnya karena itu akan susah dicerna.

Pijat gusi bayi
Terkadang, diare pada bayi disebabkan oleh rasa sakit ketika tumbuh gigi. Dalam hal ini, berikan bayi mainan yang aman untuk dikunyah. Anda juga dapat memijat gusi bayi dengan jari-jari Anda untuk meringankan rasa sakitnya.

Berikan air 
Salah satu solusi yang paling umum untuk mengatasi diare pada bayi adalah dengan memberikan banyak air. Air dapat meredakan rasa sakit di perut dan juga melepaskan gas dari perut bayi.