-->

Cara Menyembuhkan Bintitan Dengan Bahan Alami

May 03, 2017
Cara Menyembuhkan Bintitan Dengan Bahan Alami - Timbil atau hordeolum infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri stafilokus. Infeksi ini umumterjadi pada bagian mata tepatnya kelopak mata bagian luar, dan sesekali muncul dibagian dalam kelopak mata. Bila bintit itu muncul dibagian dalam kelopak mata maka akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat.

Bintitan termasuk keluarga bisul yang terletak pada bagian kelopak mata, dan ukurannya bisa kecil dan juga besar. Di dunia kedokteran bintitan ini dikenal sebagai hordeolum , yaitu suatu infeksi atau juga peradangan yang terletak pada kelopak mata yang di sebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus.

Berikut beberapa bahan herbal yang terdapat pada alam yang bisa kita manfaakann sebagai obat ampuh penyembuh bintitan:

Air Hangat
Yang pertama kita gunakan air hangat karena dipercaya ampuh mengempeskan benjolan pada kelopak mata hanya dengan beberapa hari saja, asalkan dilakukan dengan rutin. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat dan handuk bersih, gunakan handuk tersebut untuk mengompres ke kelopak mata yang bintitan selama 15 menit. dan rutinlah lakukan 3-4 kali dalam sehari.

Air Hangat
Obat mata bintitan yang pertama adalah dengan menggunakan air hangat. Air hangat dipercaya dapat mengempeskan benjolan pada kelopak mata tersebut hanya dalam waktu beberapa hari saja asalkan anda melakukannya pengobatan mata bintitan secara alami ini dengan rutin. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan air hangat kuku dan handuk yang bersih. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam pada air hangat tersebut. Lalu, gunakan handuk yang sudah dimasukkan ke dalam air hangat untuk mengompres mata yang bintitan selama kurang lebih 15 menit. Lakukan setidaknya 3 sampai 4 kali sehari agar mata bintitan segera sembuh.

Blueberry
Bluberry ini sering digunakan sebagai obat alami ,anda bisa mwnggunakannya sebagai obat mata bintitan. Buah blueberry terdapat vitamin serta zat penting yang menyehatkan mata, jika anda ingin menggunakan buah tersebut caranya cukup mudah, konsumsilah blueberry secara rutin , bisa langsung dimakan ataupun di jadikan jus hingga bintitan ilang dengan sendirinya.

Daun Sirih
Daun yang biasanya dimanfaatkan oleh kaum hawa sebagai pembersih organ intim ini terbukti bisa menyembhkan mata bintitan. Caranya cukup mudah, ambilah 3 lembar daun sirih rebus dengan air 1-2 gelas. Bila sudah mendidih gunakan air rebusan tersebut unutk membasuh kulit yang bintitan tersebut. Selain bisa menyembuhkan bintit air rebusa tersebut juga ampuh sebagai obat tetes mata, tapi ingat rasa yang ditimbulkan akan sangat terrasa perih.

Bawang Putih
Cara pemanfaatan salah satu bumbu dapur ini untuk penyembuhan mata bintitan tergolong mudah, anda hanya perlu membersihkan dengan air hangat terlebih dahulu, terus siapkan 1siung bawang putih lalu haluskan dan oleskan bawang putih kekelopak mata yang bintitan. Lakukan 2-3 kali dalam sehari hingga sembuh.

Obat Tetes Mata
Jika dengan bahan-bahan alami di atas masih belum cukup untuk mengatasi mata yang bintitan, anda bisa mengobati mata bintitan dengan menggunakan obat tetes mata. Tetapi ingat, jangan menggunakan obat tetes mata secara berlebihan karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya malah bisa memperparah mata anda. Cukup meneteskan 2 tetes sampai 3 tetes obat tetes mata dan anda bisa melakukannya 2 kali sehari saja.

Ketumbar
Salah satu pengobatan alami yang sangat baik untuk bintitan adalah biji ketumbar. Cukup rebus 2-4 sendok makan ketumbar dalam air kemudian kompres mata dengan air rebusan ketumbar ini. Ini karena biji ketumbar memiliki banyak antioksidan dan sifat membunuh bakteri dan mengurangi peradangan sehingga baik untuk bititan.

Teh celup
Jika Anda kebetulan selesai minum teh celup, maka jangan langsung dibuang kantong teh celup tersebut. Anda bisa mengobati bintitan dengan kantong teh celup. Anda cukup mengompres mata dengan kantong teh celup hingga peradangan mengecil. Teh memiliki banyak antioksidan sehingga baik dalam mengurangi penderitaan karena bintitan.

Daun jambu biji
Anda juga bisa mengobati bintitan dengan daun jambu karena daun jambu biji memiliki senyawa menyembuhkan seperti antibakteri dan anti-inflamasi. Anda bisa mengambil beberapa lembar daun jambu biji dan menumbuknya halus kemudian membubuhkan pada kelopak mata yang bengkak bintitan.

Kunyit

Salah satu tanaman obat yang sangat manjur mengatasi semua penyakit adalah kunyit. Dengan sifatnya yang antibakteri dan anti-inflamasi, seruas kunyit yang ditumbuk halus dan dikompres pada mata bintitan akan mempercepat penyembuhan dan meredakan bengkak.

Bunga
Ambil bunga apa pun di halaman Anda, bisa melati, mawar, kenanga, bunga sepatu, yang Anda miliki di kebun jika sedang bintitan. Remas hingga hancur dan gosokkan perlahan pada bagian yang bintitan. Anda akan mendapati mata bintitan mereda dan mata kembali normal. Hal ini terutama sangat efektif jika bintitan disebabkan oleh gigitan serangga.

Bawang putih
Bersihkan dulu mta memakai air hangat. Sedikan 1 siung bawang putih. Lalu haluskan menggunakan blender, diparut ataupun ditumbuk. Kemudian oleskan bawang putih halus tadi di daerah kelopak mata yang sakit

Daun sirih
Obat herbal bintitan dengan daun sirih. Siapkan 1 sampai 3 lembar daun sirih. Rebuslah daun sirih tadi dengan 2 gelas air sampai benar-benar mendidih. Kemudian saring air rebusan daun sirih tadi . Lalu pakailah untuk membersihkan mata yang sakit / bintitan. Bisa juga dijadikan sebagai obat tetes, namun nati rasanya sangatlah pedih.

Salep anti biotik
Cara lainnya bisa dengan menggunakan salep steroid atau salep anti biotik yang bisa dibeli di apotik. Ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran infeksi bakteri. Bersihkan dulu area kelopak mata dengan air hangat, lalu diolesi menggunakan salep. Penting perhatikan tanggal kadaluarsanya sebelum digunakan. Contoh salep yang dapat anda pakai : Amoxicillin (Amoxsan, Kalmoxicilin, Farmoxyl), Ciprofloxacin (Quinox, Baquinor).


Nah Itu Dia Sob Pembahasan Artikel Cara Menyembuhkan Bintitan Dengan Bahan Alami Mudah-mudahan Bermanfaat , Silahkan Bagikan Lewat Akun SosMed Sobat Sapa Tahu Diluaran Sana Ada Yang Memerlukan Tentang Pembahasan Artikel ini, Terimakasih.