Thursday, 4 May 2017

Cara alami sembuhkan luka kulit terkena air panas

Apakah anda sedang mencari cara mengobati kulit yang terkena air mendidih / air panas, atau anda sedang terkena air panas ?. Oke postingan ini bisa membantu anda untuk penyembuhannya.

Kulit yang tersiram air panas awalnya akan ditandai dengan kulit yang memerah dan lama kelamaan akan timbul gelembung air. Hal yang kerap menjadi permasalahan para pemilik luka tersiram air panas adalah luka yang sangat sulit kering.

Jika bagian tubuh yang tersiram air panas tidak tertutup pakaian, langsung basuh secara perlahan dengan air putih sekitar 10 menit (lebih baik jika dengan air mengalir).

Berikut beberapa obat herbal alami yang ampuh mengobati kulit luka bakar melepuh akibat terkena air mendidih atau air panas

Daun sirih yang masih segar. 
Pilih yang benar-benar masih segar dan tidak layu. Selain daun sirih, ada bahan lain yaitu madu asli. Pertama peras daun sirih yang sudah siap tadi dan ambil airnya saja. Tambahkan sedikit madu kemudian bubuhkan pada kulit yang terbakar atau terkena air panas. Dengan cara seperti ini, luka pada kulit tersebut akan segera sembuh.

Daun Sosor Bebek
bisa menggunakan sosor bebek atau tiris. Cara memakainya sangat mudah yaitu daun sosor bebek dilumatkan kemudian tempelkan pada kulit yang terbakar atau terkena air panas. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh bagi yang mengalaminya.

Gunakan air keran / ledeng
Biasanya kalau terbakar ringan, kita sering menggunakan pasta gigi atau odol, minyak goreng, kecap, ataupun minyak tanah. Hal ini sebenarnya kurang tepat, karena dapat memperdalam luka bakar. Yang benar siram luka bakar dengan air keran selama 10 - 20 menit, untuk mendinginkan proses panas pada luka bakar. Jangan memakai air es atau es batu atau mencemplungkan diri dalam bak mandi, karena perubahan suhu yang tiba-tiba (antara panas dan dingin), akan memperdalam luka bakar.

Putih Telur
Putih telur dapat menghilangkan rasa panas. Oleskan putih telur pada kulit yang terbakar dan biarkan sampai kering. Anda perlu mengoleskannya berkali-kali untuk menghilangkan nyeri. Putih telur juga baik jika digunakan untuk luka inflamasi.

Lidah buaya
Tanaman lidah buaya daun dan akarnya mengandung saponin dan flavonoid, di samping itu daunnya mengandung tanin dan polifenol. Saponin ini mempunyai kemampuan sebagai pembersih sehingga efektif untuk menyembuhkan luka terbuka, sedangkan tanin dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap infeksi luka karena mempunyai daya antiseptik dan obat luka bakar. Flavonoid dan polifenol mempunyai aktivitas sebagai antiseptic.

Air kelapa & kunyit
Luka bakar sering meninggalkan bekas melepuh pada kulit. Kunyit dan air kelapa dapat dicoba untuk meredakan rasa panas dan juga mencegah timbulnya bekas luka melepuh. Caranya: campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan air kapur sirih. Tambahkan air kelapa, oleskan pada bagian tubuh yang terluka bakar atau terkena minyak dan air panas. Rasa panas akibat terbakar pun akan segera hilang dan tidak meninggalkan bekas melepuh.

Pasta Gigi
Pasta gigi berguna sebagai peredam rasa sakit untuk luka bakar ringan. Cukup oleskan pasta gigi putih pada daerah kulit yang terbakar dan biarkan sampai kering. Jika perlu ulangi proses ini 2-3 kali Jika Anda mengalami luka bakar ringan, segera lakukan pertolongan pertama ini untuk menghindari luka membekas dan mengurangi rasa sakit. Selamat mencoba!

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top