Friday, 4 November 2016

Pengertian Penyakit Skoliosis dan Penyebabnya

Pengertian Penyakit Skoliosis dan Penyebabnya - Skoliosis (scoliosis) adalah kelainan rangka tubuh berupa lengkungan pada tulang bagian belakang. Dikutip dari wikipedia: Sebanyak 75-85 persen kasus skoliosis merupakan idiofatik, yaitu penyebab kelainan tersebut tak diketahui. Sedangkan 15-25 persen, kasus skoliosis merupakan efek samping yang diakibatkan dari beberapa penyakit tertentu seperti sindrom Down, sindrom Marfan, distrofi otot dan lain sebagainya.

Kelainan tersebut membuat saraf atau otot pada bagian sekitar tulang belakang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga menimbulkan efek tulang belakang menjadi melengkung. Penderita skoliosis dewasa biasanya sulit bernafas dan nyeri jika kondisi melengkung tulang belakang menjadi semakin parah. Untuk penderita yang merasakan sulit bernafas dan nyeri, sebaiknya segera di deteksi agar skoliosis tidak bertambah parah.

3 Penyebab Penyakit Skoliosis
Penyakit skoliosis umumnya sulit dicegah karena kebanyakan penyebab skoliosis tak diketahui. Beberapa tipe skoliosis dikelompokkan menjadi beberapa bagian tertentu berdasarkan penyebab yang ditimbulkan nya.

Skoliosis degeneratif
Skoliosis jenis ini disebabkan oleh kerusakan tulang belakang secara perlahan dan biasanya jenis skoliosis degeneratif ini menimpa orang-orang dewasa. Skoliosis degeneratif bisa dikategorikan jika awal mula penderita memiliki gangguan tulang belakang seperti kerusakan tulang belakang akibat operasi, sklerosis multipel, motor neurone disease, parkinson dan osteoporosis.

Skoliosis kongenitial
Skoliosis jenis ini adalah skoliosis bawaan dari lahir. Maksudnya, tulang belakang saat bayi berada di dalam kandungan sudah mengalami pertumbuhan tulang belakang yang tidak normal. Skoliosis kongenitial ini bisa juga disebabkan oleh gangguan otot dan saraf atau penyakit neuromuscular, seperti lumpuh otak dan distrofi otot.

Skoliosis idiofatik
Skoliosis jenis ini adalah skoliosis yang paling banyak terjadi, karena menurut beberapa sumber yang penulis dapatkan, skoliosis idiofatik (idiopatik) penyebab pastinya tidak diketahui. Ada penelitian yang menyebutkan skoliosis jenis idiofatik terjadi karena faktor genetika dan kasus ini terjadi sebanyak 75-85 persen.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top