-->

Cara Merawat Gigi Berlubang Tanpa Ditambal dan Dibor

June 25, 2016
image via google
Cara Merawat Gigi Berlubang Tanpa Ditambal dan Dibor -  Karies gigi atau gigi berlubang memang menjadi masalah yang sering dialami sebagian orang. gigi berlubang yang tidak ditangani perawatan semakin lama akan membuat nyeri, bahkan infeksi gigi. Oleh sebab itu melakukan perawatan gigi berlubang menjadi hal yang penting untuk dilakukan.


Umumnya seseorang tidak menyadari tanda dan gejala awal gigi berlubang, gejala awal karies dapat timbul dari area permukaan gigi yang berkapur, semakin lama area gigi ini akan menjadi penyebab timbulnya gigi berlubang. Oleh sebab itu, jika hal ini sudah terjadi sebaiknya segera lakukan perawatan agar gigi yang berlubang tidak semakin besar. Berikut beberapa langkah penting untuk perawatan gigi berlubang tanpa bor dan penambalan.

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut
Perawatan gigi berlubang agar tidak semakin parah yakni dengan menjaganya agar tetap bersih, hal ini bertujuan agar plak gigi segera terbuang, sebab jika plak terlalu lama menempel di gigi maka bakteri dan kuman akan mudah berkembang pada gigi. dianjurkan untuk menggosok gigi sebelum tidur.

2. Gunakan pasta gigi mengandung florida

Menggunakan pasta gigi florida merupakan langkah tepat untuk mencegah gigi berlubang, karena florida mampu membuat enamel resisten terhadap karies.

3. Terapi florida
Perawatan gigi berlubang juga bisa dilakukan dengan cara melakukan terapi florida. Untuk melakukan terapi ini caranya harus dilakukan oleh dokter gigi. Dokter gigi akan mengoleskan florida langsung pada gigi yang berlubang. terapi florida sangat ampuh untuk mengatasi gigi berlubang, karena mampu memperkuat enamel gigi

4. Pengaturan makanan
Memilih makanan yang tepat untuk gigi berlubang juga perlu diperhatikan, hal ini agar kesehatan gigi Anda semakin membaik dan tidak semakin parah. perhatikan makanan dan minuman yang banyak mengandung gula. Gula yang menempel pada gigi lebih cepat memproduksi asam, jika ini sering terjadi maka gigi akan semakin keropos dan berlubang. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya lindungi gigi Anda dengan mengkonsumsi permen karet yang mengandung xylitol.

5. Berkumur dengan air garam
Cara ini sudah dilakukan sejak dulu, larutan air garam dipercaya dapat membunuh bakteri dan kuman yang bersarang pada gigi. berkumur menggunakan 1 sdm garam yang dicampur air hangat setiap hari mampu mencegah gigi berlubang semakin menyebar.

Itulah beberapa cara yang harus dilakukan untuk merawat gigi berlubang tanpa bor dan penambalan, agar gigi berlubang tidak semakin besar, dianjurkan untuk datang ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.