Friday, 27 November 2015

Mana Yang Lebih Baik, Sikat Gigi Sebelum, Atau Sesudah Sarapan?

Mana Yang Lebih Baik, Sikat Gigi Sebelum, Atau Sesudah Sarapan? - Memilih waktu terbaik untuk sikat gigi, memang terkadang menjadi perdebatan oleh beberapa orang. Sebagian orang beranggapan bahwa sikat gigi sebelum makan adalah waktu terbaik, tetapi sebagian lainnya menganggap, bahwa waktu terbaik untuk sikat gigi adalah setelah makan. Lalu manakah yang paling tepat?

Reiny Agustina, selaku dokter gigi dari Siloam Hospitals TB. Simatupang mengatakan, waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah sebelum tidur dan setelah sarapan pagi.

Sikat gigi sebelum tidur akan membuat kebersihan gigi dan mulut Anda terjaga, selama waktu tidur. Di pagi harinya, setelah sarapan, Anda dianjurkan untuk menyikat gigi kembali, untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut setelah sarapan.

Tapi yang perlu diingat, Anda harus memberikan jeda sekitar 30 menit setelah sarapan, sebelum menyikat gigi. Karena ketika Anda makan, bakteri di dalam mulut akan menghasilkan sebuah asam yang menyebabkan keseluruhan pH di dalam mulut turun di bawah tingkat normal. Hal itu akan membuat enamel gigi Anda menjadi lunak dan lebih rentan terhadap abrasi. Ketika Anda benar-benar menyikat gigi setelah sarapan pagi, maka akan berisiko mengikis lapisan enamel gigi Anda. Selain itu, jika Anda mengonsumsi makanan yang sangat asam, menyikat gigi malah akan membuat abrasi pada gigi Anda.

Jeda waktu 30 menit diperlukan oleh mulut untuk mengembalikan kadar pH mereka menjadi normal kembali. Air liur Anda berperan penting dalam pengendalian kadar pH di dalam mulut. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan mengonsumsi permen karet ber-xylitol untuk mempercepat proses normalisasi pH dalam mulut Anda. Karena, dengan mengunyah permen karet ber-xylitol, produksi air liur Anda bertambah banyak, dan berdampak pada pengembalian kadar pH mulut Anda.

Konsultasi: drg. Reiny Agustina, Siloam Hospitals TB.Simatupang, Jakarta.

BlogTersehat

BlogTersehat Adalah Sebuah Blog yang Berisi Artikel Serta Referensi Seputar Kesehatan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top