-->

5 Olahraga Pereda Nyeri Untuk Ibu Hamil

November 19, 2015
5 Olahraga Pereda Nyeri Untuk Ibu Hamil - Saat sedang hamil, Anda mungkin akan mengalami pegal-pegal di sekitar area punggung, pinggang, hingga pinggul. Perubahan bentuk tubuh dan bertambahnya beban yang ditopang membuat area tersebut mudah lelah. Anda perlu melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan olahraga. Ternyata ada jenis olahraga yang fokus pada area pinggul.

Lima jenis gerakan olahraga ini dapat menghilangkan nyeri pada pinggul, sekaligus menguatkan otot di area tersebut.

1. Angkat satu kaki
Berdirilah tegak di belakang sebuah meja atau kursi dengan kaki terbuka. Kemudian angkat salah satu kaki Anda ke arah samping. Anda dapat berpegangan pada meja atau kursi untuk menjaga keseimbangan. Setelah itu turunkan kaki secara perlahan. Ulangi dengan satu kaki yang lainnya. Lakukan hingga 10 sampai 15 kali untuk setiap kaki.

2. Peregangan pinggul
Gerakan ini dapat membantu untuk menguatkan otot pinggul Anda. Caranya adalah dengan berdiri tegak di belakang kursi atau meja. Kemudian tekuk lutut kiri Anda secara berlahan dan angkat ke arah dada senyaman yang Anda rasakan. Pastikan Anda berdiri tegak dan tidak membungkukkan tubuh. Tahan selama beberapa detik, lalu turunkan lutut secara perlahan hingga ke posisi semula. Ulangi dengan lutut kanan. Terus lakukan secara bergantian hingga 15 kali per lutut.

3. Pelebaran pinggul
Ini merupakan salah satu olahraga pinggul yang efektif selama hamil, yang akan memperkuat pinggul Anda. Berdirilah di dekat meja atau kursi dengan kaki terbuka. Kemudian tekuk pinggang Anda ke depan hingga posisi 45 derajat. Pastikan Anda memegang kursi atau meja untuk menjaga keseimbangan Anda. Setelah itu angkat kaki kiri Anda lurus ke belakang. Jangan ubah posisi Anda. Hindari juga untuk menekuk lutut. Tahan selama beberapa detik, kemudian turunkan kaki kiri Anda secara perlahan. Ulangi secara bergantian dengan kaki kanan.

4. Peregangan lutut
Lakukan gerakan ini di lantai. Letakkan lutut dan kedua tangan Anda menyentuh lantai. Lalu tundukkan kepala Anda hingga menyentuh lantai, seperti gerakan sujud. Lakukan gerakan ini secara perlahan, agar tidak menyebabkan rasa sakit pada ligamen dan otot. Gerakan yang terburu-buru juga dapat membuat darah tiba-tiba mengalir ke kepala Anda dan dapat membuat Anda merasa pusing atau hilang keseimbangan.

5. Duduk
Gerakan ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa tidak nyaman pada pinggul saat hamil. Duduklah di lantai dengan lutut yang terbuka, sementara kedua telapak kaki tetap rapat. Gerakkan telapak kaki ke depan dan ke posisi semula. Kemudian tekuk atau angkat kaki Anda ke depan sampai Anda merasakan peregangan pada area pinggul. Tahan posisi tersebut hingga lima detik. Kemudian berdiri tegak dan ulangi gerakan hingga 20 kali.

Sebelum Anda melakukan kelima gerakan olahraga di ataas, pastikan Anda sudah bekonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Segera hentikan bila Anda merasa tidak nyaman. Gerakan-gerakan tersebut di atas diharapkan mampu meringankan rasa nyeri dan meningkatkan kekuatan otot pada pinggul.