-->

Pertolongan Pertama Cedera Pada Mata

October 12, 2015
Pertolongan Pertama Cedera Pada Mata - Mata mudah lebam atau luka akibat pukulan langsung. Mata juga bisa cedera akibat benda tajam seperti pecahan gelas, atau iritasi akibat pasir atau debu yang masuk ke mata. Percikan zat kimia bisa mencederai mata, dan banyak produk rumah tangga seperti detergen menyebabkan iritasi jika kontak dengan mata. Cedera mata biasanya menyakitkan, dan mata yang cedera akan berair, bengkak,d an merah. Semua cedera mata bisa berakibat serius, karena ada resiko penglihatan jadi terganggu.

Menangani Cedera Mata
Anda harus minta bantuan medis untuk semua cedera mata meskipun kecil. Tugas utama Anda adalah membuat korban berusaha tenang, menutup luka, dan minta bantuan medis.
Periksa mata dengan hati-hati, jika sekitar matanya menghitam, dan Anda yakin ini tidak serius, Anda bisa menanganinya.

Pasir atau debu di mata dapat dikeluarkan sepanjang benda ini bisa bergerak di atas putih mata (lihat benda asing di mata), tapi ingat jangan pernah mencoba mengeluarkan benda dari bagian mata atau apapun yang masuk ke dalam mata.

Jika mata luka atau lebam parah, bantu korban berbaring dan taruh kepalanya di pangkuan Anda agar tak bergerak. Minta dia tenang. Tutup mata yang cedera dengan kasa atau perban steril, dan minta korban memegangnya. Atur kedatangan bantuan medis.

Menangani Zat Kimia di Mata
Anda harus segera membersihkan mata korban dari zat kimia. Lindungi diri Anda dan jaga agar air yang terkontaminasi bisa mengalir bebas.

Kenakan sarung tangan, jika ada, letakkan mata di bawah air dingin yang mengalir setidaknya 10 menit, posisikan kepala hingga air yang terkontaminasi tidak masuk ke mata lainnya di wajah. Bilas mata dan kelopak mata hingga bersih. Jika kedua mata kena, palingkan kesisi lainnya dan ulangi prosesnya.

Saat nyerinya berkurang. Beri korban kasa bersih untuk dipegang di atas mata. Perban tak ketat dan bawa korban ke rumah sakit. Identifikasi zat kimianya jika bisa dan informasikan ke petugas rumah sakit.