-->

Makan Telur saat Sarapan Banyak Manfaatnya

February 14, 2014
Makan Telur saat Sarapan Banyak Manfaatnya - Pada saat sarapan, anda tentu tak ingin repot menyediakan menu-menu yang membutuhkan waklu lama dalam menyajikannya. Umumnya, orang-orang memanfaatkan roti gandum sebagai menu standar saat sarapan. Untuk menu sarapan sehat, telur sangat bermanfaat sebagai menu makanan sehat di pagi hari. Baca juga: Ini dia Manfaat Utama Telur bagi Kesehatan.

Sebutir telur besar memiliki sekitar 70 kalori dan berisi sekitar 6 gram protein, 5 gram lemak, dan 186 miligram kolesterol, kandungan ini sangat baik bagi tubuh kita yang akan berhadapan dengan beragam aktivitas di kantor, atau di sekolah.

Nah, untuk lebih jelasnya, anda pasti ingin tahu apa saja manfaat makan telur saat sarapan bagi tubuh anda. Berikut ini manfaat lain mengkonsumsi telur untuk tubuh kita:

Sarapan Telur Menjaga Perut Tidak Cepat Lapar.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, telur bisa menjaga perut terasa penuh lebih lama, sehingga tidak cepat merasa lapar. Penelitian di Rochester Centre of Obesity di Amerika mengungkap 2 butir telur rebus dalam menu sarapan bisa memangkas kebutuhan sekitar 400 kalori sepanjang Hari.

manfaat telur saat sarapan memaksimalkan kerja otak
Telor dapat diolah menjadi menu kreatif
Meningkatkan Kekuatan Otak

Sebutir telur berukuran sedang mengandung sekitar 250 mg choline, senyawa penting yang dibutuhkan dalam perkembangan otak janin dalam kandungan. Ibu hamil yang mengkonsumsi 550 mg choline setiap hari akan melahirkan bayi dengan daya ingat yang lebih kuat. Nah, bagi ibu hamil, jangan lupa konsumsi telur saat sarapan yah!

Sarapan Telur Dapat Mencegah Kebutaan pada Lansia.
Bagian yang disebut-sebut mengandung banyak kolesterol yakni kuning telor punya kandungan lain yang sangat penting yakni senyawa lutein. Jika dikonsumsi secara rutin, lutein bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah berbagai jenis kebutaan yang dipicu oleh proses penuaan.

Menjaga Kesehatan Jantung
Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, kandungan kolesterol dalam kuning telor tidak akan membahayakan jantung dan pembuluh darah. Sebaliknya, kandungan lemak baik yakni Omega 3 yang tinggi dalam telur justru bisa memperbaiki sirkulasi darah serta meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan.

Memberikan Nutrisi untuk Awet Muda

Agar kulit tidak cepat keriput, wanita membutuhkan asupan protein 45g/hari, sementara pria butuh 55g/hari. Karena telur ayam berukuran sedang mengandung sekitar 8g protein, maka 2 butir telur sudah memenuhi lebih dari sepertiga dari kebutuhan protein pada wanita atau hampir sepertiga kebutuhan protein pada pria.