-->

14 Manfaat serta Khasiat Buah Mentimun

February 14, 2014
14 Manfaat serta Khasiat Buah Mentimun - Mentimun atau lebih akrab dengan nama timun tentu jenis buah yang sudah sangat akrab dengan kita, buah ini dimanfaatkan sebagai pendamping makanan seperti pada lalapan, atau sebagai masker wajah.

Timun memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dikandung oleh mentimun. Mentimun memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 %. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Timun dikatakan juga mengandung 35.100 – 486.700 ppm asam linoleat sebagai suku cucurbitaceae yang biasanya mengandung kukurbitasin, mentimun kemungkinan juga mengandung senyawa tersebut. Kukurbitasin merupakan senyawa yang mempunyai aktivitas sebagai anti tumor.

Anda pasti tidak membayangkan bahwa buah mentimun kaya manfaat serta khasiat, apalagi anda yang hidup dalam budaya makan lalapan. Nah, berikut ini manfaat-manfaat yang terkandung dalam mentimun, kami rangkun dari berbagai sumber.

Manfaat Mentimun #1 : Mampu Mengurangi Dehidrasi.
Kandungan air yang terdapat dalam mentimun ini sangat banyak dan air tersebut merupakan air alami bergizi dan sangat berbeda dengan air mineral biasanya. Untuk itu bisa mencegah dan mengurangi dehidrasi yang biasanya anda alami setelah beraktivitas seharian.

Manfaat Mentimun #2 : Mampu Mengeluarkan Racun di Dalam Tubuh.
Dengan mengkonsumsi mentimun setiap hari juga mampu mengeluarkan racun di dalam tubuh yang masuk melalui makanan setiap hari yang anda makan.

Manfaat Mentimun #3 : Memperbaiki Fungsi Pencernaan
Masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga memingkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

Manfaat Mentimun #4 : Kesehatan sendi
Dalam mentimun terkandung silika yang dapat mempromosikan kesehatan sendi Anda dengan memperkuat jaringan ikat.

Manfaat Mentimun #5 : Pencernaan Protein
Mentimun mengandung enzim erepsin yang membantu dalam pencernaan protein.

Manfaat Mentimun #6 : Tekanan darah
Potasium, magnesium, dan serat yang hadir pada mentimun dapat membantu Anda menjaga tekanan darah tetap normal. Ada baiknya mengkonsumsi mentimun setelah anda memakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti sate dan gulai kambing.

Manfaat Mentimun #7 : Atasi encok dan rematik
Jus mentimun diperkaya kandungan vitamin A, B1, B6, C, dan D serta folat, magnesium, dan kalsium ketika dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

Manfaat Mentimun #8 : Mengobati sakit gigi dan gusi
Penyakit mulut pada gigi dan gusi, khususnya pyorrhea, dapat diobati secara efektif dengan jus mentimun. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.

Manfaat Mentimun #9 : Diabetes
Jus mentimun dikenal dapat membantu kesehatan pasien diabetes. Kandungan mineral mangan bermanfaat dalam sintesis insulin alami di dalam tubuh.

Manfaat Mentimun #10 : Perawatan ginjal
Mentimun menunjukkan manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam mentimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Faktanya, mentimun merupakan diuretik alami terbaik.

Manfaat Mentimun #11 : Mengobati Cacingan.
Ada zat yang bernama hipoxanti yang termasuk dalam racun koloid terdapat di dalam buah mentimun. Bagi anak-anak, racun ini dapat digunakan untuk mengobati cacingan. Jadi memberi makan mentimun pada anak-anak dapat mengobati dan mencegah cacingan.

Manfaat Mentimun #12 : Mengembalikan Suara
Mentimun juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengembalikan suara anda jika sedang sakit tenggorokan.

Manfaat Mentimun #13 : Menurunkan Berat Badan
Mentimun dapat digunakan sebagai penunjang program diet untuk menurunkan berat badan. Mentimun dikombinasikan buah lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Mentimun #14 : Menurunkan panas
Mentimun juga dapat digunakan sebagai obat penurun panas setelah diparut lalu dikompreskan pada kening penderita.