-->

Cara Merawat Rambut Kering, Bercabang dan Rontok

May 27, 2016
Cara Merawat Rambut Kering, Bercabang dan Rontok- Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, terkhusus lagi bagi wanita. Mempunyai rambut yang sehat dan lebat merupakan dambaan semua orang. Terkadang untuk mendapatkan rambut yang sesuai dengan dambaannya, seseorang rela mengeluarkan banyak uangnya untuk merawat rambutnya dengan zat kimia di salon. Perlu diketahui bahwa penggunaan zat kimia juga dapat menyebabkan permasalahan pada rambut anda. Alih – alih ingin mendapatkan rambut cantik, malahan permasalahan yang didapat. Tentunya anda tak ingin seperti itukan?

Namun, sayangnya seiring dengan kegiatan kita sehari – hari, rambut kita dapat mengalami berbagai permasalahan. Permasalahan pada rambut yang sering terjadi adalah rambut kering, bercabang bahkan rontok hingga rambut beruban. Tentunya kita tak ingin mempunyai masalah ini bukan? Namun, bagi anda yang sudah terlanjur memiliki masalah tersebut anda tak perlu khawatir dan berkecil hati. Karena disini saya akan membagikan tips menjaga rambut bercabang, kering dan rontok secara alami dan tak perlu mengeluarkan banyak uang, yang pasti tidak akan membahayakan mahkota anda ini. Langsung saja kita ke tips cara merawat rambut kering, bercabang, dan rontok.

Cara merawat rambut
Rambut indah berkat perawatan yang benar
Cara merawat rambut kering, bercabang dan rontok secara alami dengan tumbuhan alam.

Menggunakan lidah buaya
Tentu sudah banyak yang tahukan khasiat tumbuhan yang satu ini dalam mengatasi berbagai masalah pada rambut. Ya, karena khasiatnya ini, lidah buaya juga banyak digunakan untuk bahan pembuatan shampoo. Untuk merawat rambut secara alami dengan lidah buaya ini caranya adalah dengan mengupas lidah buaya tersebut lalu oleskan daging lidah buaya pada rambut anda selama lima belas menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih atau bisa juga dengan menggunakan shampoo.

Menggunakan minyak alami
Minyak alami yang saya maksud disini adalah minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak almond. Anda dapat menggunakan salah satu minyak alami tersebut untuk merawat rambut bercabang dan rambut kering anda. Selain itu minyak alami ini juga dapat membuat rambut anda menjadi semakin lembut. Cara menggunakannya yaitu dengan cara mengoleskan minyak alami ini ke rambut anda setelah keramas, diamkan kurang lebih selama lima belas menit dan bungkus dengan handuk kering atau hangat. Setelah itu bilas sampai bersih.

Menggunakan cuka apel
Jika anda mempunyai rambut yang rusak dan sulit diatur, cobalah cuka apel ini sebagai obatnya. Manfaat lain dari cuka apel ini adalah dapat membuat rambut anda lebih halus dan lembut. Cara menggunakan cuka apel sebagai perawat rambut alami ini adalah dengan mencampurkan satu sendok makan minyak gandum dan setengah cangkir cuka apel, lalu tambahkan air secukupnya. Setelah itu oleskan campuran tadi ke rambut anda setelah keramas pada saat rambut masih dalam keadaan basah, jangan langsung dibilas, diamkan terlebih dahulu sekitar sepulu menit, baru dibilas dengan air bersih sampai bersih.

Menggunakan madu sebagai kondisioner

Untuk yang satu ini nampaknya cukup mahal, karena harus menggunakan madu sebagai kondisioner. Namun, jika anda tidak keberatan dengan tips yang satu ini silahkan mencobanya. Caranya adalah dengan mengoleskan madu ke rambut anda setelah keramas dan diamkan selama sepuluh menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Cara ini ampuh untuk mengatasi masalah rambut kering dan bercabang.

Menggunakan orang aring
Tanaman yang satu ini juga tak kalah dengan lidah buaya, orang aring sudah banyak digunakan dalam pembuatan produk perawatan rambut. Untuk bayi dan orang dewasa orang aring ini biasanya digunakan untuk menyuburkan dan mengurangi kerontokan rambut. Selain itu orang – aring juga dapat digunakan sebagai pencegah ketombe dan pelurus rambut. Untuk cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan cara meremas – remas atau menghaluskan orang aring dengan air, kemudian saring orang aring dari remasan tersebut, setelah itu anda juga dapat mencampurkan dengan air kelapa. Lalu oleskan kerambut anda.

Cara merawat rambut kering bercabang dan rontok dengan alat.


Gunakan sisir kayu berujung bulat
Mengapa lebih baik memilih ini? Karena sisir ini mempunyai gigi yang bulat sehingga tidak berbahaya bagi kulit rambut anda dan juga dapat memberikan efek pijatan pada kepala anda. Dengan demikian sisir ini akan membantu melancarkan peredaran rambut anda. Menurut saya sisir ini lebih aman jika disbanding dengan sisir plastik.

Hindari penggunaan pengering rambut
Memang ada manfaatnya juga menggunakan pengering rambut, yaitu membuat rambut anda lebih cepat kering. Namun, dibalik itu pengering rambut juga dapat berdampak buruk pada kesehatan rambut anda. Jadi seperti ini, panas yang dikeluarkan oleh pengering rambut dapat menyebabkan rambut anda menjadi stress yang akhirnya akan rusak. Untuk menghindari kerusakan rambut yang lebih parah, mulai sekarang kurangilah penggunaan pengering rambut pada rambut anda.

Itulah beberapa cara merawat dan menjaga rambut anda dari kerusakan rontok, bercabang dan kering. Lakukan setiap tips diatas dengan rutin, karena perawatan secara alami itu khasiatnya tidak akan langsung terlihat. Sekian dulu dari saya, semoga ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih sudah berkunjung.